Program Kemitraan Masyarakat merupakan kegiatan dalam optimalisasi komersial produk industri yang beralamat di Jalan Karya Tani VI Kelurahan Sidomulyo Pekanbaru. Kegiatan PKM dilakukan oleh team dosen dari Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu rumah tangga yang beranggotakan 15 orang dan tergabung dalam UMKM kelompok usaha wanita Melati. Pelatihan ini juga dihadiri oleh ketua UMKM Ibu Lima Melati. Pelatihan diberikan selama dua hari Hari pertama tentang literasi keuangan, bertujuan agar anggota dapat bijak mengelola keuangan, Senin (2/9). Sedangkan di hari kedua tentang digital marketing bertujuan pemanfaatan media sosial sebagai ajang pemasaran, Selasa (3/9). Adapun produk industri yang dihasilkan antara lain produk olahan ubi, sambal kentang teri, sambal cumi, roti ketawa dan kolang kaling manis.
Ketua pelaksana PKM Yulvia Nora Marlim, M. Kom menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan PKM pertama untuk meningkatkan hasil produksi dan pengembangan olahan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing. Kedua meningkatkan penjualan dengan menyebar atau memperluas target pasar. Ketiga meningkatkan pendapatan sehingga dapat menunjang ekonomi keluarga. Lebih lanjut disampaikan produk industri rumah tangga jumlah nya sudah banyak dan beraneka ragam. Perlu dilakukan optimalisasi komersial produk dengan pengenalan teknologi digital untuk memaksimalkan pemasaran. Teknologi digital bukan suatu hal baru lagi, akan terus berkembang sejalan dengan kemajuan zaman. Sehingga peluang ini harus dimanfaatkan agar memberikan dampak peningkatan perekonomian.
Adapun yang menjadi narasumber dihari pertama adalah Dr. Evelyn Wijaya, MM. Disampaikan, bahwa, setiap pengeluaran sekecil apapun harus dicatat. Keuntungan yang diperoleh merupakan modal yang sudah dikeluarkan semuanya. Apabila ada keuntungan yang berlebih dan tidak akan digunakan kembali dapat disimpan di bank atau disimpan dalam bentuk obligasi. Diakhir latihan disampaikan literasi keuangan penting untuk membantu ibu-ibu rumah tangga membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan merencanakan masa depan keuangan dengan lebih efektif.
Narasumber di hari kedua Dr. Wilda Susanti, M. Kom menyatakan media sosial sangat ampuh untuk memperkenalkan produk umkm secara luas. Pengemasan yang menarik menjadi nilai jual dalam pemasaran. Digital marketing digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online. Ini dapat membangun hubungan lebih dekat ke audiens dan menjadi strategi efektfi untuk meningkatkan penjualan, dan meraih kesuksesan dalam mempromosikan produk umkm.
Ketua Kelompok UMKM mengucapkan banyak terima kasih atas dua hari pelatihan yang diberikan kepada anggota. PKM juga didampingi oleh Dr. Deny Jollyta M.Kom, Dwi Oktrarina, M. Kom dan Wahyu Joni Kurniawan, M. Kom beserta mahasiswa IBT PI. Harapannya pelatihan ini dapat menjadi pengalaman yang menarik agar UMKM kelompok Wanita Melati dapat mengoptimalkan penjualan produknya.